Categories: BuahManfaat

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Anggur. Mungkin anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menjadikan anggur sebagai buah pavorit. Buah mungil ini selain memiliki rasa yang enak ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Mungkin anda tertarik untuk memelihara pohon anggur. Silahkan baca Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Anggur.

Kandungan Buah Anggur

Sebelum lanjut membahas tentang manfaat anggur, terlebih dahulu kita kenali apa saja kandungannya. Buah anggur memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini tabel kandungan buah anggur.

NoKandunganJumlahAKG
1Kalori69 kcal
2Karbohidrat18,1g
3Air80,54g
4Protein0,72g
5Gula15,48g
6Serat0,9g
7Lemak0,16g
8Vitamin A66IU3%
9Vitamin C3,2mg4%
10Vitamin D0µg
11Vitamin E0,19mg1%
12Vitamin K14,6µg14%
13Vitamin B10,069mg6%
14Vitamin B20,07mg6%
15Vitamin B30,188mg1%
16Vitamin B50,05mg1%
17Vitamin B92µg1%
18Kalsium10mg1%
19Zat Besi0,36mg3%
20Magnesium7mg2%
21Fosfor20mg3%
22Kalium191mg4%
23Sodium2mg0%
24Seng0,07mg1%

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Dari tabel kandungan buah anggur di atas tentunya sudah terbayang beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk perawatan kesehatan. Pembahasan selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Felipenol sebagai kandungan antioksidan dalam anggur berfungsi sebagai anti-inflamasi.  Anti-inflamasi lainnya yang terdapat pada buah anggur adalah Quercetin Flavonoid yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.

  • Mengendalikan Tekanan Darah

Buah Anggur mengandung Kalium yang tinggi sehingga dapat mengurangi efek natrium pada orang yang menderita tekanan darah tinggi. Selain Kalium, Buah Anggur juga mengandung serat yang berperan penting untuk menjaga  sistem kardiovaskular yang sehat, termasuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Jika ingin memiliki mata sehat, buah anggur merah bisa jadi solusinya. Sebab, anggur merah dapat meningkatkan protein pelindung di retina dan bisa mencegah stres oksidatif. Kandungan flavonoid dalam anggur merah bisa mencegah katarak.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Buah Anggur mengandung tembaga, besi dan mangan yang diperlukan untuk membantu pembentukan dan memperkuat tulang. Mangan membantu metabolisme protein, pembentukan kalogen dan fungsi saraf. Diet Anggur juga dapat membantu mencegah Osteoporosis.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Polifenol khususnya Resveratrol berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menurunkan Lipid dan bertindak sebagai anti-inflamasi sehigga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, Buah Anggur juga mengandung serat dan kalium (potassium) yang dapat menjaga kesehatan jantung.

  • Meredakan Nyeri Lutut

Mengonsumsi anggur merah secara rutin, bisa mencegah rasa sakit pada dengkul, terutama jika dipicu oleh osteoartritis.
Sendi akan lebih fleksibel dalam bergerak, karena anggur merah mengandung polifenol. Selain itu, anggur merah membantu menurunkan kadar asam urat yang bisa menimbulkan rasa sakit pada dengkul.

  • Menurunkan Berat Badan

Kalori rendah ialah manfaat anggur merah yang pasti disukai orang yang sedang diet. Setengah cangkir jus anggur merah saja hanya mengandung 23 kalori. Buah yang manis ini justru menjadi sumber kandungan nutrisi tinggi.

  • Mengatasi Peradangan

Anggur merah memiliki kandungan enzim yang dapat melawan peradangan. Baik itu peradangan akut dan kronis.

  • Melawan Bakteri Dan Virus

Anggur merah bisa menjaga Anda dari banyak virus dan penyakit. Sebab, kandungan antibakteri dan antivirus dalam anggur merah, sangatlah tinggi. Tidak heran, anggur merah sering digunakan untuk melawan berbagai penyakit, seperti virus polio dan herpes.

  • Meredakan Gejala Asma

Manfaat anggur merah selanjutnya ialah meredakan gejala asma. Anggur merah dinilai memiliki efek terapeutik yang bisa meredakan gejala penyakit itu. Sebab, anggur merah dipercaya dapat meningkatkan kelembapan di paru-paru, yang pada akhirnya dapat meredakan gejala asma. Namun manfaat anggur merah yang satu ini tidak boleh dipercaya begitu saja, karena belum ada penelitian ilmiah yang bisa mendukungnya.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Manfaat Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk perawatan kesehatan. Buah anggur juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan kulit dan wajah. Berikut ini pembahasannya.

  • Memutihkan Gigi

Anggur memiliki kandungan asam malat yang sangat efektif untuk menghilangkan noda pada gigi. Selain itu juga dapat membantu untuk mengatasi perubahan warna gigi. Jadi, ingin gigi putih konsumsi anggur setiap hari.

  • Mempercantik Kuku

Kandungan antioksidan dalam buah anggur dapat membantu untuk melembutkan kutikula dan menghilangkan kuku kasar. Caranya sangat sederhana, campurkan 10 biji anggur merah dengan dua sendok makan gula pasir. Selanjutnya Scrub tersebut dipijat ke kuku.

  • Mencerahkan Dan Melembabkan Wajah

Kandungan air yang banyak dalam buah anggur dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit wajah. Selain itu kandungan vitaminnya juga sangat baik untuk perawatan kulit wajah terutama vitamin C.

  • Menghilangkan Flek Hitam Dan Bekas Jerawat

Kandungan vitamin dalam buah anggur sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Selain itu anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat cocok mengatasi masalah flek hitam dan bekas jerawat. Anggur bisa dijadikan masker alami yang dapat menggantikan Cleansing Milk dan Toner anda.

  • Mencegah Rambut Rontok

Anggur mampu mencegah produksi dihidrotestosteron, yang merupakan faktor utama dalam kerontokan rambut. Kandungan antioksidan yang ada dalam buah anggur juga dapat membantu merangsang aliran darah dan mendorong pertumbuhan rambut.

Itulah kandungan dan manfaat buah anggur untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Silahkan baca Manfaat Buah Lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share

Recent Posts

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jamur Tiram. Salah satu jenis bahan makanan yang banyak dicari adalah jamur tiram. Jenis… Read More

2 hari ago

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Semangka. Salah satu buah yang menjadi pavorit masyarakat Indonesia adalah buah semangka. Hampir… Read More

6 hari ago

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga. Buah naga merupakan salah satu buah yang sangat populer dikonsumsi. Buah yang… Read More

1 minggu ago