Categories: BuahManfaat

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Semangka. Salah satu buah yang menjadi pavorit masyarakat Indonesia adalah buah semangka. Hampir semua orang suka dengan buah yang satu ini. Selain karena rasanya yang enak juga karena manfaatnya yang sangat banyak. Buah semangka dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Sebelum lanjut lanjut pada manfaatnya mungkin anda penasaran seperti apa cara menanam semangka. Bisa jadi anda tertarik untuk menanamnya dalam skala besar atau sekedar pelengkap di halaman rumah untuk konsumsi sendiri.

Baca: Cara Budidaya Tanaman Semangka

Kandungan Semangka

Buah semangka memiliki kandungan nutrisi, vitamin, mineral dan senyawa lainnya yang dibutuhkan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam buah semangka ini sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

  1. Protein
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Serat
  5. Energi
  6. Asam Folat
  1. Kalsium
  2. Fosfor
  3. Besi
  4. Natrium
  5. Kalium
  6. Tembaga
  7. Zinc
  1. Vitamin C
  2. Vitamin A
  3. Vitamin B1 (Thiamin)
  4. Vitamin B2 (Riboflavin)
  5. Beta Karoten
  6. Karoten Total
  7. Niasin
  8. Likopen

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Dari kandungan yang terdapat buah semangka terdapat manfaat yang sangat banyak untuk perawatan kesehatan. Manfaat yang bisa didapatkan mulai dari perawatan kesehatan ringan sampai mengatasi ancaman berbagai macam penyakit kronis.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dalam buah semangka adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Hypertension.

Para ahli dalam studi tersebut berpendapat bahwa ekstrak semangka berperan penting dalam menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. Hal ini mungkin dikarenakan jumlah kalium dan magnesium pada buah semangka yang menjadi pahlawan dari manfaat tersebut.

  • Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Kandungan kalium pada buah semangka yang tinggi ternyata dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Bahkan, kalium juga diketahui dapat mengurangi asam urat dalam darah. Dengan begitu, risiko pembentukan batu ginjal pun ikut berkurang.

Sementara itu, senyawa antioksidan dalam semangka juga memberikan manfaat terhadap kesehatan ginjal. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena terlalu banyak asupan kalium justru bisa berbahaya, terutama untuk pasien sakit ginjal.

  • Membantu Mengendalikan Gula Darah

Semangka memiliki kandungan kalium dan magnesium yang membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini turut berkontribusi terhadap menurunnya kadar gula darah.

Meski begitu, penyandang diabetes hanya boleh mendapatkan manfaat dari buah semangka ini dalam jumlah yang sedikit. Hal ini dikarenakan rasa manis dari buah semangka justru bisa menjadi bumerang terhadap melonjaknya gula darah.

  • Mengatasi Nyeri Otot

Penelitian dari Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa minum jus semangka membantu menenangkan otot usai berolahraga. Atlet yang mengonsumsi lebih dari 473 ml jus buah semangka dalam 1 jam sebelum berolahraga cenderung kebal terhadap nyeri otot.

  • Meningkatkan Kesehatan Prostat

Salah satu kandungan utama yang dimiliki oleh buah semangka adalah likopen. Kandungan tersebut ternyata mampu meningkatkan kesehatan prostat pria. Pasalnya, likopen dipercaya mempunyai kualitas antioksidan yang baik.

  • Mengatasi Penyakit Asma

Adanya kandungan vitamin C membantu penderita asma dapat memperkecil potensi penyakit tersebut untuk muncul kembali. Selain itu, berdasarkan penelitian, ditemukan jika vitamin C juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan lebih banyak lagi khasiat yang menyehatkan.

  • Menyuburkan Kandungan

Dalam buah semangka, terdapat senyawa asam folat yang tinggi. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, senyawa tersebut dapat menjaga kesuburan kandungannya. Senyawa tersebut juga dapat mencegah bayi untuk terlahir dengan cacat fisik maupun saraf.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Senyawa likopen juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan likopen tersebut dapat menjaga mata dari masalah peradangan dan juga kerusakan oksidatif. Ditambah dengan adanya senyawa anti peradangan dan antioksidan, mengonsumsi semangka dapat mencegah proses degeneratif makul yang berhubungan erat dengan faktor usia. Jadi, potensi terjadinya penyakit mata pada orang berusia lanjut dapat ditekan dengan buah ini.

  • Melancarkan Percernaan

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah membantu pencernaan. Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan karenanya dapat membantu sistem pencernaan. Semangka juga mengandung serat, sehingga meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

  • Mencegah Peradangan

Manfaat yang bisa didapatkan dari buah semangka yang selanjutnya adalah menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan stres oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi lycopene dan vitamin.

  • Menangkal Sel Kanker

Tidak hanya membuat tubuh senantiasa terhidrasi, mengonsumsi semangka dalam jangka panjang juga mampu menekan risiko seseorang terserang kanker. Senyawa likopen yang aktif dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Di samping itu, sama halnya dengan buah maupun sayuran lain yang mengandung antioksidan, semangka juga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Semangka Untuk Kecantikan

Selain manfaatnya untuk perawatan kesehatan, buah semangka juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Maka tidak heran ketika buah semangka sering menjadi pilihan dalam berbagai perawatan kulit dan wajah secara alami.

  • Meningkatkan Kesehatan Rambut

Kandungan vitamin A dan C pada buah semangka sangat bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan membuatnya tetap muda, serta kenyal. Selain itu semangka juga memiliki kandungan Zinc yang sangat dibutuhkan oleh rambut.

  • Melembabkan Kulit

Semangka adalah salah satu buah yang banyak mengandung air sehingga dapat membuat tubuh dan kulit Anda terhidrasi. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mencampurkan semangka dan madu untuk tetap melembapkan kulit. Dehidrasi dapat menyebabkan wajah kering dan kusam. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda sertakan buah ini ke dalam menu diet Anda.

  • Mencegah Penuaan Dini

Ada tiga jenis kandungan buah Semangka yang berperan dalam mengatasi masalah penuaan dini yaitu likopen, vitamin C dan A. Semua nutrisi ini dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit.

Kandungan antioksidan dalam semangka juga mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit. Anda dapat menggunakan semangka sebagai masker dan mengonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat menjadi masalah wajah yang cukup umum, meski begitu jerawat cukup mengganggu penampilan seseorang. Semangka akan cocok bagi penderita jerawat dan buah ini merupakan solusi untuk mengatasi masalah kulit.

Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

  • Mengurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Semangka kaya akan kandungan vitamin A. Kandungan itu bisa meminimalisir minyak berlebih pada wajah. Vitamin ini dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

Baca Informasi lainnya tentang Manfaat Buah Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Demikian pembahasan tentang manfaat buah semangka untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share

Recent Posts

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jamur Tiram. Salah satu jenis bahan makanan yang banyak dicari adalah jamur tiram. Jenis… Read More

2 hari ago

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Anggur. Mungkin anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menjadikan anggur… Read More

1 minggu ago

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga. Buah naga merupakan salah satu buah yang sangat populer dikonsumsi. Buah yang… Read More

1 minggu ago